Sabtu, 09 Maret 2013

Film Tentang Presiden Soekarno Direncanakan Tayang Agustus 2013


HaraJawa - Tak lama lagi masyarakat Indonesia akan mendapatan sajian film sejarah yang telah lama ditunggu-tunggu. Adalah film tentang bapak republik Indonesia, sang proklamator, Soekarno. Insiatornya yaitu Raam Punjabi, Hanung Bramantyo, dan Rachmawati Soekarnoputri yang tergerak untuk memvisualisasikan kisahnya ke dalam film layar lebar.

Film yang berjudul Indonesia Merdeka ini memotret sosok Presiden Soekarno, mulai periode Soekarno muda sampai proklamasi kemerdekaan RI. Tidak mudah memang merumuskan kisah hidup Soekarno dalam sebuah film yang menarik dan tidak lepas dari fakta sejarah yang ada. Hanung Bramantyo pun mengakui hal tersebut.

Butuh waktu enam bulan untuk menggodok skenario dengan melibatkan penulis dan ahli sejarah seperti yang dilansir Kompas.com. “Pengerjaan skenario akan dilakukan di Bogor, kita melibatkan sejarawan dari Yayasan Pendidikan Soekarno, ada sejarah independen,” kata Hanung saat melakukan jumpa pers di Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Selasa (18/12/2012) malam.

Nantinya, film ini akan dipecah menjadi dua bagian, yakni Soekarno: Indonesia Merdeka danSoekarno: Hari-hari Terakhir. Saat ini Hanung dan tim sedang fokus untuk pengerjaan film pertama yang berlatar cerita kehidupan Soekarno mulai dari tahun 1920-an hingga detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

Inggit ganarsih Film Tentang Presiden Soekarno Direncanakan Tayang Agustus 2013 Bukan hanya tentang perjuangan, bumbu cinta antara Soekarno dengan Inggit dan Fatmawati juga ikut menambah gimmick film tersebut. Menurut Hanung, sampai saat ini belum ditentukan siapa yang akan memerankan tokoh bangsa dan pahlawan-pahlawan lainnya. Rencananya, film Soekarno: Indonesia Merdeka ditayangkan pada Agustus 2013 sekaligus kado ulang tahun kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia nanti.

Diharapkan lewat film ini masyarakat bisa lebih terinspirasi dan ikut bangga bahwa Indonesia punya tokoh seperti Soekarno. ”Saat ini film ini masih dalam tahap penulisan skenario, riset, dan casting. Shooting rencananya bulan Januari (2013),” kata Hanung. Film tentang Soekarno ini diproduksi Multivision Plus bekerja sama dengan Yayasan Bung Karno.

”Kami ingin memberikan kado ulang tahun untuk Bung Karno, proklamator kemerdekaan negara ini” ujar hanung. Ketika ditanya Siapa pemeran Soekarno muda dalam film tersebut? Ia hanya menjawab “belum diputuskan, kami belum casting”, tukasnya. Agus Kuncoro atau Oka Antara? ”Kedua aktor itu bagus semua, tetapi masih dipikirkan dulu. Bisa jadi malah bukan keduanya. Kita tunggu saja,” kata Hanung.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar