Selasa, 19 Maret 2013

Nostalgia 90an : Bahagianya Anak Jaman Dulu

HaraJawa - Hallo kawan ketemu lagi, kali ini saya mau ngebahas lagi tentang masa kecil, khususnya anak-anak 90an. Kenapa saya bahasa anak-anak generasi ini?  Ya, alasan utamanya karena saya termasuk rakitan tahun 90an, alasan selanjutnya adalah perbedaan yang mencolok dengan anak-anak generasi sekarang.

Masih inget gambar ini?


Yap, gambar yang sederhana. Dua buah gunung lancip dengan matahari di tengahnya, jalan kecil yang menuju gunung tersebut , dan pemandangan sawah di sekelilingnya. Kita selalu menggambar hal ini kalo guru menyuruh kita menggambar pemandangan.
Ohiya, selain gambar diatas, masih banyak hal-hal nostalgia lainnya yang mau saya munculin lagi dari zaman 90an... oke tanpa basa basi, kita mulai perjalanan waktu kita menuju tahun 90an :)

Penyanyi Cilik


Inget mereka?
Mungkin mereka sekarang udah pada dewasa, tapi kalian tau gak Perbedaan masa kecil artis-artis cilik era 90an dengan zaman sekarang?  Waktu mereka kecil, mereka nyanyiin lagu-lagu yang emang layak dinyanyiin sama anak-anak umuran mereka.  Beda dengan penyanyi cilik zaman sekarang, lagu yang mereka bawain udah bertemakan percintaan. Ini bukanlah hal yang harusnya mereka usung. Pada era 90an penyanyi cilik membawakan lagu-lagu yang bertemakan keindahan alam, menabung, dan hal-hal lainnya yang memang dapat dicontoh. Mungkin itulah penyebab banyaknya “ABABIL” bertebaran di zaman sekarang.

 Main Ular Tangga Dan Monopoli


Ini permainan yang paling sering saya maenin waktu kecil :D
Maennya siang-siang tengah hari bareng temen-temen rumah/SD. Biasanya uler tangga ini belinya sama abang-abang rongsokan yang suka lewat depan rumah yang kalo lewat bunyi “tooet toeet tooet”. Jadi kita barter sama barang-barang bekas kayak botol sirup, aki, besi bekas, kardus bekas dan barang-barang bekas laennya. Selain uler tangga abang-abangnya juga nyediain maenan laen kayak gigi-gigian, mobil-mobilan kecil, terompet-terompetan dan masih banyak lagi.

Ngumpulin Tazos

Anak-anak era 90an pasti gak asing lagi dengan benda yang satu ini :D. Bentuknya bulet dan ada celah-celah di pinggirnya supaya bisa dibentuk-bentuk. Yang punya tazos banyak pasti bangga! Ohiya, tazos ini biasanya dapet hadiah dari chiki-chiki kayak cheetos, chitato, terus.... emm, aduh saya lupa apa lagi. Gambarnya juga macem-macem. Mulai dari pokemon sampe loney tunes.

Kartun Hari Minggu


Ini dia kegiatan rutin saya tiap hari minggu pagi. Nonton kartun sampe jam 11an siang :D. saya rasa kalian juga.. jadi dulu itu kartunnya dimulai dari jam setengah 7an  sam jam 11an. Mulai dari, tamiya, dragon ball, kabutaku, chibi maruko chan, ninja hatori, doraemon, digimon, beatlebox, power ranger, sampe ultramen. Itu kartun yang saya sebutin beum semuanya lho.. :D. Semua itu dikemas dalem satu program “pelangi anak”. Kalo gak salah di Indosiar, tapi di stasiun tv  laennya juga nyiarin kartun. Jadi hari minggu itu is “Our Time”. Abis itu besoknya saya cerita-cerita sama temen-temen SD tentang felm kartun yang udah di tonton hari minggu itu. 
Khusus Digimon, ini adalah film kartun favorit saya dan temen-temen selain Dragon Ball. Jadi saya pernah sampe doa supaya jadi anak-anak terpilih dan punya digimon.

Bangga Punya Pakaian Merk Mambo dan Shuvit

inget merk ini? Itu lho pakean yang logonya kepala alien. Terus celananya ada kantong di samping kanan kiri, kayak celana tentara

Kurang Gaul kalo belum ngisi diary temen yang judulnya “My Data”

Ini dia kebiasaan jaman SD, setiap anak khususnya cewek selalu beli binder gambar barbie dan sejenisya, gak Cuma itu kita juga kadang saling tuker-tukeran kertasnya. Kemudian kita di suruh saling ngisi biodata kita mulai dari nama, tanggal lahir, zodiak, makanan favorit (disingkat mafa), minuman favorit (disingkat mifa), sampe tanda tangannya.

Layang-layang

Permainan yang satu ini adalah permainan dengan musim terlama. saya  biasanya suka iseng kalo nerbangin layangan.  Bermodal benang gelasan (benang dengan komposisi kaca halus) seharga 2500an, saya mengarahkan  layangan saya ke arah layangan orang laen yang lagi anteng-antengnya. Lalu terjadilah pergelutan layangan, atau istilah dunia perlayangannya “sebotan”. Setelah salah satunya putus,  segerombolan anak-anak saling beradu untuk berebut mengejar layangan itu bahkan ada yang sampe bawa bambu segala. Sebenernya harga layangan kalo gak salah sih gak sampe 500, tapi mungkin ada sebuah kehormatan kalo berhasil ngedapetin layangan itu. saya sendiri selalu gagal dalam kompetisi mengejar layangan ini.

Petak Umpet 
Kalo yang ini pasti semua pernah maen. Permanan ini bisa dimainin bahkan dengan anak satu kampung sekaligus. saya dulu biasanya maen petak umpet bareng anak-anak di wilayah rumah saya pas sore-sore. Malahan kadang bisa bikin yang jaga sampe nangis karena dia jadi terus dan gak dkasih kesempetan buat sembunyi.

Main Poster 
Tau benda ini? Itu lho, kertas yang ada gambar-gambarnya. Biasanya  gambarnya itu ngikutin kartun-kartun minggu yang lagi populer. Mulai dari dragon ball, digimon, Tamiya, crush gear, yugi ooh, dan masih bnyak deh. Nah kalo beli di abang-abang biasanya udah diguntingin keci-kecil. kalo saya sih biasanya beli yang belum diguntingin soalnya lebih murah. Tapi gunting sendirinya itu yang lama. Ohiya, cara maennya ada banyak macem. Mulai dari maen sawer, yaitu kita pilih salah satu poster pilihan kita (biasanya saya sama temen-temen nyebutnya uncak/ulak), terus di lempar keatas sama uncak temen-temen yang laen. Yang gambarnya terlentang dia menang, dan tengkurep dia kalah. Yang kalah harus bayar poster sesuai dengan kesepakatan awal. Selain main sawer ada juga main tepok, teknisnya sama kayak maen sawer tapi di tepok di tangan, jadi tangan sama tangan beradu (kayak orang lagi plek/tos).

Makan anakmas, roti jojon, choki-choki, waffer supermen, Chiki Tsubasa, Chiki Cinta.
 
Itu adalah jajanan yang paling sering saya konsumsi waktu SD, kalo Chiki Tsubasa ngincer hadiah jam tangannya. Jadi pas penjualnya baru beli satu pak, Anak-anak pasti langsung ngerubungin di timbang-timbang pilih yang paling berat untuk ngincer jam tangan. Ciki Cinta juga gitu.

Gimbot dan Tamagochi. 
Ini dia maenan yang fenomenal pada era itu. Pada udah tau fungsinya kan..
daftar permainan gimbot : tank, balap mobil (Cuma bisa kanan kiri), tembakan, tetris, permainan
yang nyebrang-nyebrang, main uler.

Kalo beli sandal merk carvil atau neckermen dan suka di plesetin nyekermen.

Maen tamiya sampe lupa waktu.


Main kelereng

Pernah beredar gosip ada pulpen yang baunya wangi banget dan megandung narkoba. 

Main yoyo kayu

Main pletokan, tembak-tembakan dari bamboo yang pelurunya pake kertas basah 

Pake jam tangan G-Shock yang kalo di pencet tombol di tengah keluar gambar hewan 

Teriak wim cycle!!. Dijawab : heeeebooohhh!!!

Donald bebek maju selangkah mundur tiga langkah, 1,2,3… :D

Sinetron Cuma tersanjung dan tersayang, abis itu ada keluarga cemara dan si doel anak betawi

Semua chanel tv tiap jam 8 malem sama : “dunia dalam berita” 
 


Rambut belah tengah itu paling keren

 
Nahh.. senyum-senyum sendiri ya, saya juga senyum-senyum sendiri jika baca ini artikel.
Sebenernya masih banyak yang mau di sharing disini..
Beda banget ya sama anak-anak jaman sekarang yang maennya facebookan, twitter, handphone, dan permainan virtual laennya.

Untuk anak-anak generasi ini, berbanggalaha kalian.. kita adalah generasi terkhir yang bermain di jalan, kita adalah generasi pertama yang bermain video game, melihat kartun berwarna dan pergi ke taman bermain. Kita yang terakhir merekam sebuah lagu di radio dengan kaset tape. Kita yang belajar menggunakan program VCR sebelum semua orang tahu, dan kita generasi pertama yang bermain nitendo. Kita generasi yang bebas mengendarai sepeda bersama teman-teman di jalanan tanpa khawatir kendaraan bermotor. Kita adalah generasi yang pernah hidup tanpa telepon genggam, 99 chanel tv, flat screen, surrond sound, mp3, ipod, komputer, dan broadband. Tapi sesungguhnya kita mempunyai masa-masa yang luar biasa!
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar:

  1. hahaha jadi kangen sama masa lampau gan. zaman sekarang ngenes bgt. terbawa perilaku orang barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Jamannya ALAY Gan, adik gua aja ALAY ;-(

      Hapus
  2. :-d kenapa ?
    ;(( tapi ada setsuben no mame maki atau cusyaken ya?

    BalasHapus