Sabtu, 09 Maret 2013

Detail Foto Matahari Yang Berhasil Diambil Seorang Fotografer


HaraJawa - Adalah Alan Friedman, seorang fotografer astronomi amatir asal BuffaloNew York yang memiliki antusiasme untuk menangkap foto-foto matahari secara detail yang bahkan tidak dapat dilihat orang biasa tanpa bantuan alat, hanya dari halaman belakang rumahnya.

Foto-foto matahari yang dihasilkan Alan sangatlah mendetail, Alan menggunakan alat filter khusus yang memungkinkan untuk mengambil gambar matahari secara detail tanpa merusak kamera atau matanya. Dalam pernyataan karyanya, Alan menyatakan bahwa hasil karyanya merupakan buku harian surya atau matahari, yaitu potret atau moment yang menangkap secara jelas kehidupan matahari dalam keseharian kita.

Sebagian besar foto-foto tersebut diambil dari halaman belakang rumahnya di BuffaloNew York dengan menggunakan teleskop kecil dan filter band yang sempit. Dengan menggunakan kedua alat tersebut Alan dapat menangkap detail matahari dalam resolusi tinggi dan merekam pergerakan matahari di atmosfer yang dapat berubah-ubah dalam hitungan jam bahkan dalam hitungan menit.


Bahan foto Alan yang masih mentah berupa foto berwarna hitam dan putih bahkan terkadang Alan mendapatkan foto yang buram. Untuk memperjelas foto tersebut Alan menambahkan dan menyesuaikan warna dari hasil foto mentah tersebut untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik.

Hasil karya dari foto matahari tersebut adalah asli dan bukan lukisan. Keputusan untuk memberikan kesan estetika pada foto tersebut adalah untuk memperkuat hasil akhir dari gambar matahari tersebut.

Alan menjelaskan bahwa filter yang dinamakan hydrogen alpha filter yang ia gunakan dapat memblok atau mendapatkan apapun namun hanya berupa potongan sempit dari dalam ujung merah spectrum yang terlihat. Setelah menempatkan filter pada 3 ½ inci dari bagian depan teleskop (setara dengan lensa telephoto 450mm f/5), ia kemudian menggunakan webcam industrial untuk menangkap atau mengambil gambar.

Kamera tersebut dapat mengambil gambar pada 15fps sampai dengan 120fps. Atmosefer kita merupakan hambatan terberat dalam pengambilan gambar yang jelas dari suatu objek yang jauh. Untuk merendam efek kabur yang disebabkan oleh turbulensi udara, Alan melakukan streaming banyak frame dalam waktu yang singkat.

Setiap foto atau gambar yang dihasilkan dibuat dari ribuan frame. Frame-frame yang dihasilkan kebanyakan tidak dapat digunakan karena terdistorsi oleh arus panas dari atap dan jalan aspal, namun sebagian frame menghasilkan gambar yang tajam. Alan kemudian melihat kembali video frame yang dihasilkan satu persatu untuk memilih frame-frame berkualitas tinggi yang menghasilkan gambar yang baik. Frame-frame berkualitas tinggi yang telah dipilih kemudian diratakan untuk membentuk bahan mentah dari foto-foto Alan. Berikut adalah gallery dari beberapa karya Alan Friedman yang terbaik :







Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar